Sabtu, 03 April 2010

Pengantar Ilmu administrasi

Administrasi : - Luas - Negara - Umum
- Sempit - Bisnis - Profesi
Administrasi adalah Proses kerja sama dua orang manusia atau lebih secara rasional,efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang telah di sepakati sebelumnya.
Proses adalah sesuatu tahapan-tahapan yang telah direncanakan atau yang diinginkan.
"Berat otak manusia 3/4 kg".
"Finite" : Terbatas
"Mind": Infinite : "tak terbatas"
"Stimulus" : rangsangan
"Rasionalisme": akal
"Positivisme": hati nurani
"Efisien": perbandingan terbaik antara input dan output
"Efektif": suatu tindakan yang tepat
"Objektif": sasaran
"Tujuan": suatu cita-cita atau suatu keinginan yang mau dicapai tapi masih bersifat abstrak
"Konkrit": jelas/sasaran
"Standarnisasi": suatu proses untuk menentukan batasan-batasan
Administrasi :
- Luas Dan Sempit
Luas : Atau mencakup seluruh aktivitas di dalam organisasi dilakukan secara keseluruhan
Sempit : Proses kerjasama sebahagian orang di dalam organisasiyang dilakukan secara rasional,efisien dan objektif untuk mencapai suatu tujuan.
MA : Yudikatif : Lembaga yang diberikan kewenangan untuk mengadili pelanggar undang-undang
DPR : Legislatif : Lembaga yang diberikan kewenangan untuk membuat undang-undang
PPA : Ekskutif : Lembaga yang diberikan kewenangan untuk melaksanakan undang-undang
BPK : Auditif : Badan pemeriksa keuangan
DPA : Konsultatif : Memberikan nasehat pada lembaga-lembagatinggi negara lainnya
State Administrasi adalah administrasi prose kerja sama duaorang atau lebih yang menjalankan tugas-tugas untuk negara
Publik Administrasi : Goverment,Civil Sociaty,Private Sector
Private Administrasi adalah proses kerja sama anggota seluruh karyawan di dalam perusahaan yang tujuan utamanya untuk profit
Tiga Variable Public Administrasi :
-. Yang memberikan layanan
-. Penerima layanan
-. Objek layanan:kwalitas dan kepuasaan
" Keterkaitan antara konten-konten di dalam administrasi"
-. Wadah pelaksana administrasi adalah organisasi
-. Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan sebelumnya
-. Nomenklatur adalah suatu pemberian nama dari sebuah organisasi
-. Titelatur adalah orang-orang dalam organisasi
"Prinsip-prinsip organisasi"
-. Pembagian tugas yang jelas / Pembagian habis kerja :
-.Unsur Staffing
-.Unsur Utama
-.Unsur Fungsional
-. Jabatan fungsional adalah jabatan yang dibutuhkan keahlian khusus terhadap pekerjaan khusus
-. Kejelasan tujuan


Administrasi dalam arti luas :

  • Administrasi dalam arti luas, berasal dari bahasa Inggris “Administration” , yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973)
  • Proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok, pemerintah atau swasta, sipil atau militer, besar atau kecil (White, 1958).
  • Kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama guna menyelesaikan tugas bersama (Simon, 1958).
  • Bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha kelompok individu guna mencapai tujuan bersama (Newman, 1963).
  • Dalam pengertian yang luas menurut Musanef (1996:1) dalam bukunya Manajemen Kepegawaian di Indonesia menyebutkan bahwa administrasi adalah kegiatan sekelompok manusia melalui tahapan-tahapan yang teratur dan dipimpin secara efektif dan efisien, dengan menggunakan sarana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Administrasi dalam arti sempit :

  • Administrasi berasal dari bahasa Belanda, “Administratie” yang merupakan pengertian Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (FX.Soedjadi, 1989)
  • Sedangkan dalam pengertian sempit, sebagai yang dikemukakan oleh Soewarno Handayaningrat (1996:2), dalam bukunya "Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen" , istilah ini mengandung maksud suatu kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
  • Menurut Atmosoedirdjo dalam Syuhadhak (1996:1) pengertian administrasi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu : administrasi dalam arti sempit, dan administrasi dalam arti luas. Pengertian administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang berhubungan dengan pengumpulan, perekaman dan pengolahan bahan-bahan keterangan (data/informasi) secara teratur dan sistematis, sedemikian rupa sehingga diperoleh gambaran secara menyeluruh dari bahan-bahan keterangan tersebut beserta hubungannya satu sama lain.
  • dari kata administratie terbatas dalam arti stelselmatige verkrijging en verwerking van gegeven yang di Indonesia disebut tata usaha yang sebenarnya merupakan administrasi dalam arti sempit, sebab disamping itu masih terdapat arti lain dari kata administratie yaitu bestuur (manajemen dari kegiatan-kegiatan organisasi) dan beheer (manajemen dari sumber daya-sumber daya, baik personil, finansial, materiil, gudang, dsb).” (Silalahi, 2003 : 5)
  • Administrasi dalam arti sempit berasal dari kata “administratie” (bahasa Belanda) yang meliputi kegiatan: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan / clerical work.

Administrasi dalam arti Negara :

  • Ilmu administrasi negara adalah ilmu pengetahuan (cabang ilmu adminstrasi) yang secara khas melakukan studi (kajian) terhadap fungsi intern dan ekstern dari struktur-struktur dan proses-proses yang terdapat di dalam bagian yang penting dari sistem dan aparatur negara” (Atmosoedirdjo, 1990:9)
  • Administrasi negara menurut Dwight Waldo, “Administrasi publik adalah manajemen dan organisasi daripada manusia-manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah.” (Kencana, 1999 : 24)
  • Menurut John M. Pfiffner and Robert V. Presthus dalam bukunya yang berjudul “Public Administration” mengemukakan: Administrsi Negara adalah pelaksanaan kebijaksanaan Negara yang telah digariskan oleh badan-badan politik yang representative (Public Adminiration involve the implementation of public wich has been outlined by representative political bodies).
  • Menurut Leonard D. White dalam bukunya yang berjudul “Introduction tot the study of public Administration” mengemukakan : Adminitrasi Negara terdiri atas semua/seluruh aktivitas/kegiatan yang bertujuan pemenuhan atau pelaksanaan kebijaksanaan Negara (public administration concists of all these operation having for their purpose the fulfillment or enforcement of public policy)
  • Dalam buku Teori Administrasi Publik, Harbani Pasolong mengutip pendapat Felix A. Nigro dan L. Loyd G. Nigro (1970 : 21) yang mendefinisikan administrasi negara sebagai:
    • Suatu kerjasama kelompok dalam lingkungan pemerintah.
    • Meliputi tiga cabang pemerintah: eksekutif, legislatif, dan serta hubungan diantara mereka.
    • Mempunyai peranan penting dalam perumusan kebijakanpemerintah, dan karenanya merupakan sebagian dari proses politik.
    • Sangat erat berkaitan dengan berbagai macam kelompok swasta dan perorangan dalam menyajikan pelayanan kepada masyarakat.
    • Dalam beberapa hal berbeda pada penempatan pengertian dengan administrasi perseorangan.

Administrasi dalam arti bisnis :

  • Administrasi adalah alat manajemen, penilaian, dan alat bukti pertanggungjawaban para wirausahawan dalam kegiatan usahanya. (Rujukan: W. Rintatik, Sudarno. 2008. Kewirausahaan 3. Solo; PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)
  • Dalam organisasi bisnis, administrasi adalah fungsi industri yang berkaitan dengan penetapan kebijakan perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi, penentuan arah organisasi dan kontrol tertinggi eksekutif. Singkatnya, administrasi bertugas menentukan setting bagi perusahaan untuk bergerak maju. (Sheldon, 1924; Urwick, 1929, 115-116; Dunsire, 1973, 43)
  • Prof. dr. mr. s. prajudi Admosudidjo dalam bukunya yang berjudul “Administrasi Negara atau Business Administration” adalah suatu pengertian yang mencakup dua pengertian menjadi satu, yaitu :
    - Administrsi Niaga adalah adminitrasi dari pada suatu organisasi niaga secara keseluruhan, bilamana organisasi niaga tersebut merupakan perusahaan, maka administrasi niaga tersebut dijalankan oleh Direksi dari pada perusahaan.
    - Administrasi Niaga adalah administrasi yang mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat kewniagaan (business objective), dalam pengertian ini, administrasi niaga tersebut dijalnkan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga.
  • Sukarno K (1985:P.12) dan ibrahim lubis (1984:P.19) menyatakan  administrasi niaga ialah administrasi yang berobyek swasta perniagaan yaitu:
    • administrasi perusahaan ialah kegiatan-kegiatan dibidang produksi, transportasi, asuransi, perbankan dan lain-lain dibidang perusahaan swasta
    • administrasi sosial bukan perusahaan biasanya cenderung kearah usaha sosial seperti administrasi sosial sekolah swasta, rumah sakit swasta, yayasan, klub dll

Administrasi dalam arti ilmu :

  • Pengertian Ilmu Administrasi Terkumpulnya sekelompok pengetahuan teratur yang mengandung sistem, asas, prosedur, teknik, dan pedeoman kerjasama itu. Pengetahuan teratur yang berasaskan administrasi ini disebut Ilmu administrasi Sarjana Luther Gulick memberi ketegasan mengenai ilmu administrasi sebagai berikut ilmu administrasi adalah sistem pengetahuan, dengan pengetahuan tersebut manusia dapat mengerti hubungan-hubungan, meramalkan akibat-akibat, dan mempengaruhi hasil-hasil pada sesuatu keadaan dimana orang-orang secara teratur kerjasama muntuk tujuan bersama.
  • Secara ilmu, menurut Leonard D. White (dalam Introduction to Study of Public
    Administration), administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok Negara atau swasta, sipil atau militer, usaha yang besar atau yang kecil dan sebagainya
  • The Liang Gie (1980) menyatakan bahwa administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu.
  • William H. Newman (dalam Administrative Action The Techniques of Organization and Management) mendefinisikan administrasi sebagai pembimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok orang-orang ke arah pencapaian tujuan bersama.
  • Sondang P.Siagian (dalam Filsafat Administrasi) berpendapat bahwa administrasi merupakan keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Dwight Waldo (1971) mendefinisikan administrasi sebagai suatu daya upaya manusia yang kooperatif yang mempunyai tingkat rasionalitas yang tinggi.

Administrasi dalam arti Profesi :

  • Administrasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan penyelenggaraan) pekerjaan tata-usaha, yang telah ditetapkan berdasarkan kebijaksanaan politik. (Soebarkah Putrohadiwirjo, BA. Administrasi (Tanya-Jawab)
  • J Wajong mengartikan lingkup sempit adminstrasi sebagai tata usaha adalah pekerjaan yang bersifat tulis menulis. Seseungguhnya fungsi tatausaha adalah pencatatan segala sesuatu yang terjadi untuk digunakan sebagai bahan keterangan bagi pimpinan pekerjaan. (J. Wajong, Organisasi dan Administrasi, (penuntun untuk mempelajari organisasi dalam dinas administrasi serta tanggung jawab dan kewajiban pemimpin)

3 komentar: